Home » » MENERAPKAN POLA PENDIDIKAN ANAK SEJAK DINI

MENERAPKAN POLA PENDIDIKAN ANAK SEJAK DINI

pola pendidikan anak sejak dini
Anak adalah harta yang sangat berharga nilainya, sebagai karunia dari Allah swt yang diberikan kepada setiap orang tua. Karunia ini merupakan amanah yang harus dijaga dengan sebaik-baiknya. Orang tua memiliki peran dominan dalam proses tumbuh kembang anak-anaknya.Setiap orang tua pasti berkeinginan memiliki anak yang baik, berbudi pekerti, menghargai orang tua dan berwawasan agama. Tetapi kita juga maklum bahwa semua itu tidaklah tercetak begitu saja, membutuhkan proses yang panjang.

Pola pendidikan anak yang baik harus diterapkan sejak dini, sebagaimana sabda Nabi Muhammad saw, yang menyebutkan bahwa “Tidaklah seorang anak itu dilahirkan melainkan dalam keadaan suci, maka kedua orang tuanyalah yang akan menjadikan ia sebagai yahudi, nasrani atau majusi (HR Bukhari). Peran orang tua menjadi salah satu penentu arah masa depan kehidupan anak-anaknya. Berikut coba saya pilahkan tahapan peran orang tua dalam mendidik anak-anak.

1. Sejak dalam kandungan, pada saat dalam kandungan anak ternyata sudah mulai merespon bahkan dipengaruhi  kehidupan disekitarnya, terutama ibu yang mengandungnya. Asupan makanan yang dikonsumsi oleh ibu, akan memberikan dampak atas pertumbuhan dan kesehatan janinnya. Seorang ibu yang memiliki kebiasaan buruk, misalkan gemar merokok atau mengkonsumsi miras, kemungkinan besar anak lahir dalam kondisi cacat, prematur atau keadaan tidak normal lainnya sangat mungkin terjadi. Tidak hanya makanan, perilakupun harus dijaga. Karenanya kebiasaan baik mesti diterapkan setiap saat, terutama yang berkaitan dengan ibadah, seperti shalat, membaca Al Quran dan lainnya.

2. Pada saat baru dilahirkan,  bayi yang baru lahir diibaratkan seperti kertas putih bersih yang belum ada coretan. Orang tualah yang akan memiliki peranan pertamakali, memperkenalkan perilaku kehidupan bagi anak-anaknya. Apakah tinta emas yang akan ditorehkan pada lembaran kertas putih tersebut, atau tinta yang lain?. Dalam Islam, disaat anak baru dilahirkan disunahkan supaya diperdengarkan adzan dan iqomat, hal yang sangat fundamental menjadi pondasi dan bekal berharga bagi anak-anak.

3. Memasuki masa kanak-kanak atau rentang usia 1 sampai 7 tahun. Pada masa ini pola pendidikan sederhana perlu diterapkan sesuai dengan usianya. Mereka biasanya gemar bermain dan meniru. Dua hal inilah yang mesti diperhatikan dengan bijak oleh orang tua.

4. Memasuki masa pubertas permulaan atau rentang usia 8 sampai 14 tahun. Pada masa ini perlu mulai diterapkan kedisiplinan dengan pola pendidikan praktis, khususnya masalah ibadah (shalat). Sebagaimana sabda Rosulullah SAW: “Bila anak-anak telah mencapai usia tujuh tahun perintahkanlah mendirikan shalat, dan apabila mereka sudah mencapai usia sepuluh tahun pukulah jika ia lalai” [Abu Daud, Miskat]. Jika dalam hal ibadah sudah bisa bertindak disiplin, maka dalam amalan kehidupan sehari-haripun bisa disiplin.

5. Memasuki masa remaja atau rentang usia 15 sampai 21 tahun. Pada masa ini mereka berada dalam masa peralihan menuju ke alam kedewasaan. Mereka sudah mulai mencoba bertindak sesuai dengan pendiriaannya. Orang tua perlu pendekatan yang lebih bijak, supaya senantiasa bisa mendampingi dan menjadi rujukan tempat sharing yang nyaman bagi anak-anaknya. Jangan sampai mereka justru bersandar kepada orang yang salah, karena merasa tidak nyaman jika berinteraksi dengan orang tuanya sendiri. Istilah kata, posisikan mereka sebagai sahabat, meskipun tanpa menafikan kewibawaan kita sebagai orang tua.

6. Menginjak usia dewasa, masa ini anak sudah bisa menentukan yang terbaik untuknya, bahkan untuk lingkungan disekitarnya. Jika diibaratkan, kita tinggal melihat hasil karya kita.
wallahu a'lam bishawab

19 komentar:

  1. kalau menurut seniman kaya saya mah, pendidikan untuk usia dini,diniyang dimaksudkan adalah saat bayi didalam kandungan berusia 3 bulan...saat roh ditiupkan oleh Allah SWT kepada bayi itulah yang dimaksud usia dini...maka anak-anak kami sejak dalam kandungan suka tak suruh dengerin lagu klasik dan semacamnya gituh deh....begitu ceritanya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. artikelnya masih belom berubah deh ih

      Hapus
    2. iya mang, kok susah nulis ya ternyata..
      padahal pengen kayak blogger lain, rajin nulis, hehe

      Hapus
  2. kenapa gambarnya anak gadis jaman dulu naek sepeda...coba?

    BalasHapus
  3. :) pendidikan memang penting...

    BalasHapus
  4. pendidikan memang sangat penting dalam kehidupan, jadi pendidikan sebaiknya memang diberikan sejak usia dini...

    BalasHapus
  5. Anak adalah generasi penerus, jika menginginkan generasi penerus yg baik maka tanamkanlah hal yg baik

    BalasHapus
  6. Kebahagian orang tua terasa.. ketika ia tahu anaknya mendoakannya :)

    BalasHapus
  7. sejak dalam kandungan memang seharusnya sudah mulai di didik,berikan contoh yang baik terutama Ibu yang mengandungnya yang wajib memberikan contoh baik...

    BalasHapus
  8. menerapkan pola pendidikan anak sejak dini sangat lah baik. tapi sesuai ketentuan pada anak itu juga. bila saja berlebihan atau memaksakan yang ada anak itu akan merasa jenuh...

    dan terima kasih juga mbak. tipsnya sangat bermanfaat juga buat orang tua ne..

    BalasHapus
  9. info yang bermanfaat mbak. semoga berkah.

    visit back

    BalasHapus
  10. terima kasih mbak share nya, tapi kita selalu tetap ikuti jaman, dengan cara jaman ini kita mendidik nya

    BalasHapus
  11. hal paling mendasar adalah bagian mendidik, apalagi di umur "golden age"
    wlau seluruhnya perlu :)

    BalasHapus